Ketua DPRD Menghadiri Hari Lahir Pancasila, Momentum Membumikan Ideologi Bangsa

Peringatan hari lahir Pancasila merupakan momentum untuk membumikan ideologi bangsa. Pancasila harus dijadikan sebagai landasan berperilaku dalam kehidupan masyarakat, bangsa dan negara.

Demikian disampaikan Ketua DPRD Kota Bekasi H. M. Saifuddaulah dalam memaknai hari  lahir Pancasila, 1 Juni. Pancasila, kata Saifuddaulah, sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa adalah suatu anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia.

“Melalui Pancasila juga, telah alat pemersatu dan perekat bangsa, yang menyatukan segala perbedaan dan keragaman yang ada di Indonesia,” ujar Ketua DPRD seusai mengikuti Upacara Peringatan  Hari Lahir Pancasila di alun-alun Hasibuan, Kota Bekasi, Kamis (1/6).

Ketua DPRD yang biasa disapa Ustadz Daulah ini, menegaskan pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada Tanah Air sehingga dapat membangun Indonesia yang lebih maju. Nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana, seperti saling menghargai, bekerjasama dan saling menghormati.

"Mari kita terus memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam pemahaman dan tindakan nyata, sehingga dapat mengeliminir berbagai implikasi dampak pertarungan ideologi global, serta berbagai friksi dalam sistem nilai dan karakter generasi muda masa depan Bangsa Indonesia," ungkap Saifuddaulah.

Pelaksanaan upacara peringatan hari Lahir Pancasila tahun 2023 digelar di alun alun M. Hasibuan Kota Bekasi dengan peserta upacara mengenakan baju adat dari daerah di Indonesia. Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto menjadi inspektur Upacara mengenakan baju adat dari Lampung, begitu juga para Forkopimda Kota Bekasi yang hadir mengenakan ragam baju adat dari Nusantara.

“Pancasila merupakan dasar serta landasan ideologi bagi bangsa Indonesia. Hal itu berarti setiap nilai yang terkandung dalam Pancasila harus dijadikan dasar hidup dalam keseharian oleh  seluruh anak bangsa. Termasuk dalam pembuatan dan pelaksanaan kebijakan di DRPD Kota Bekasi senantiasa menerapkan nilai-nilai Pancasila,” ujar Saifuddaulah.

Terlihat Hadir dari unsur Forkopimda Kota Bekasi Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono, Komandan Kodim 0507/ Bekasi Kolonel Kav Luluk Setyanto.M.P.M, Kajari Kota Bekasi Laksmi Indriyah Rohmulyati, Ketua Pengadilan Negeri Kota Bekasi Surachmat, Para Kepala SKPD Kota Bekasi dan Pejabat Eselon I & II Kota Bekasi.

Sebelum upacara dimulai, ditampilkan tarian Pancasila,  tarian khusus dalam rangka Hari Lahir Pancasila ini dibawakan oleh perwakilan siswa seluruh SMP Negeri di Kota Bekasi, juga pengibaran bendera merah putih oleh Paskibra Kota Bekasi.

“Mari kita menjaga dan membumikan Pancasila. Salah satunya menjunjung tinggi integritas, bergotong royong demi kemajuan Kota Bekasi yang cerdas, kreatif, maju sejahtera dan ihsan,” pungkas Saifuddaulah.(***)