Ketua DPRD Bacakan Ikrar Kesaktian Pancasila

Ketua DPRD Kota Bekasi H.M. Saifuddaulah membacakan Ikrar Hari Kesaktian Pancasila, pada upacara Hari Kesaktian Pancasila Kota Bekasi di Halaman Plaza Pemkot Bekasi, Minggu (1/10).

“Kami akan senantiasa menjaga dan menumbuhkembangkan Pancasila sebagai ideologi bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Saifuddaulah saat membaca ikrar Kesaktian Pancasila di hadapan peserta upacara dari ASN Pemkot Bekasi dan masyarakat yang hadir.

Menurut Ketua DPRD yang biasa disapa Ustadz Daulah ini, Hari Kesaktian Pancasila setiap tahun diperingati untuk mengingatkan masyarakat bahwa ideologi Pancasila tidak bisa digantikan oleh paham apapun.

Sebagaimana kita ketahui, kata Saifuddaulah, bahwa sejarah kelam bangsa ini pada 1965 pernah ada bagian anak bangsa yang akan merubah Pancasila dengan ideologi Komunis.

“Berkat perjuangan para pahlawan dan kesadaran bangsa Indonesia untuk mempertahankan Pancasila, usaha kaum komunis tersebut gagal. Sejak saat itu, 1 Oktober pun ditetapkan sebagai peringatan Hari Kesaktian Pancasila,” ujar Saifuddaulah.

Karenanya, lanjut Saifuddaulah, segenap anak bangsa bukan hanya dengan upacara saja, tetapi yang terpenting adalah bagaimana menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam keseharian.

“Mari semua elemen bangsa untuk mempraktekan nilai Pancasila dalam keseharian, salah satunya mengutamakan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi, menjaga toleransi dan bersatu untuk kemajuan bangsa,” pungkas Saifuddaulah.

Upacara Hari Kesaktian Pancasila dengan tema nasional “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju” dihadiri PJ Wali Kota Raden Gani Muhammad dan jajaran ASN Pemkot Bekasi. Ketua DPRD membacakan ikrar Kesaktian Pancasila, untuk turut serta menjaga dan melestarikan serta mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Prosesi upacara Hari Kesaktian Pancasila ini berjalan dengan khidmat, diawali mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Pembina Upacara, R. Gani Muhamad sebagai tanda mengenang serta mendoakan para pahlawan yang telah gugur, dilanjutkan dengan pembacaan Pancasila.

Dandim 0507 Bekasi, Kolonel Arm. Rico Ricardo Sirait bertugas membacakan Pembukaan Undang Undang Dasar 1945. Selanjutnya pembacaan naskah Ikrar Kesaktian Pancasila oleh Ketua DPRD Kota Bekasi, Saifuddaulah.(***)