Amanat Ketua DPRD dalam HUT ke-78 Kemerdekaan RI

BEKASI – DPRD Kota Bekasi menggelar rapat Paripurna Istimewa Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia dalam rangka memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, Rabu (16/8).

Ketua DPRD H. M. Saifuddaulah dalam sambutannya atas nama Lembaga DPRD mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun Ke-78 Kemerdekaan RI. Menurut Politisi Senior PKS ini, Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan tema ”Terus Melaju Untuk Indonesia Maju” diharapkan dapat menjadikan motivasi bagi masyarakat Indonesia dengan tekad dan daya juang yang Tangguh, Semangat Pantang Menyerah dalam menghadapi berbagai tantangan dan cobaan untuk mencapai masa depan yang lebih baik dan gemilang.

“Kini, kita sebagai penerus bangsa sudah selayaknya dan sepatutnya serta menjadi kewajiban kita untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan, mengisi kemerdekaan dengan hal positif dan kita juga harus mempunyai jiwa patriotisme dan nasionalisme serta selalu mencintai negara kita Indonesia dan menghargai jasa para pahlawan yang telah rela berkorban demi kemerdekaan Bangsa Indonesia,” papar Saifuddaulah dalam sambutannya di depan rapat paripurna.

Ketua DPRD yang biasa disapa Ustadz Daulah ini menyampaikan pesan agar semangat kemerdekaan tidak hanya pada tanggal 17 Agustus saja, namun harus selalu diterapkan arti kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari. 

“Di antara sikap semangat kemerdekaan adalah jiwa nasionalisme dan patriotisme, menjaga persatuan dan kesatuan antarras, golongan dan agama agar Indonesia semakin bersatu dalam landasan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, guna menghadapi tantangan global ini sehingga negara kita semakin kuat,” ujar Saifuddaulah. 

Ketua DPRD Saifuddaulah juga mengingatkan bahwa tantangan ke depan dalam waktu dekat ini akan diisi agenda nasional yakni Pesta Demokrasi Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden Tahun 2024. Oleh karenanya, Ketua DPRD Kota Bekasi ini menghimbau kepada aparatur Pemerintahan Daerah harus menjaga netralitas, KPU sebagai penyelenggara harus netral, adil, transparan dan akuntabel dalam menyelenggarakan pemilu. Begitu pula Bawaslu, harus mampu menjalankan tugas dan perannya guna menjaga pesta demokrasi ini berjalan dengan baik sebagaimana diamanahkan dalam Undang-Undang Pemilu.

“Marilah sama-sama kita jaga persatuan dan kesatuan serta kondusifitas Kota Bekasi yang harus aman dan tetap guyub walaupun beda partai dan beda pilihan namun kita adalah anak-anak bangsa yang satu nusa satu bangsa dan satu bahasa Indonesia berideologi Pancasila dalam naungan NKRI harga mati,” papar Saifuddaulah. 

Dalam kesempatan tersebut, seluruh hadirin termasuk Plt Wali Kota Tri Adhianto dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) mendengarkan pidato Presiden dalam rangka Penyampaian Laporan Kinerja Lembaga-Lembaga Negara dan Pidato Kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI.(****)