DPRD Kota Bekasi Laksanakan Bimtek SPBE

DPRD Kota Bekasi Laksanakan Bimtek SPBE
DPRD Kota Bekasi Laksanakan Bimtek SPBE

Revolusi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memberikan peluang bagi pemerintah untuk melakukan inovasi pembangunan melalui penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau E-Government, yaitu penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan TIK untuk memberikan layanan kepada masyarakat.

 

SPBE memberi peluang untuk mendorong dan mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang terbuka, partisipatif, inovatif, dan akuntabel, meningkatkan kolaborasi antar instansi pemerintah dalam melaksanakan urusan dan tugas pemerintahan untuk mencapai tujuan bersama.

 

Meningkatkan kualitas dan jangkauan pelayanan publik kepada masyarakat luas, dan menekan tingkat penyalahgunaan kewenangan dalam bentuk kolusi, korupsi, dan nepotisme melalui penerapan sistem pengawasan dan pengaduan masyarakat berbasis elektronik.

 

DPRD Kota Bekasi menyadari akan pentingnya memahami SPBE tersebut, oleh karenanya DPRD Kota Bekasi melaksanakan Bimbingan Teknis selama 3 hari  dari tanggal 19 sampai dengan 21 Oktober 2020 di Palace Hotel Cipanas Kabupaten Cianjur, bimbingan teknis tersebut diisi oleh pemateri dari Universitas Ibnu Khaldun Bogor.

 

H. Chairoman J. Putro, B.Eng., M.Si menyampiakan pentingnya Bimbingan Teknis ini untuk mengoptimalkan Fungsi Tugas Pokok Pikiran DPRD dalam Perencanaan Pelaporan Pertanggungjawaban Pembangunan Untuk Mempercepat Penerapan Smart city melalui SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik).

 

Selain itu Chairoman menyampaiakn bahwa Bimtek seperti ini diharapkan menjadi media komunikasi dalam peningkatan kapasitas DPRD. “Harapannya kedepan, seluruh anggota DPRD Kota Bekasi semakin visioner dlm pembangunan, baik sumber daya manusia Kota Bekasi maupun mengisi pembangunan di Kota Bekasi,” Paparnya. 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang harus diisi ditandai dengan *




0 Komentar




Visi Misi DPRD

Berita Terbaru

Twitter

Perkiraan Cuaca